(Panduan) Cara Membuat Postingan di Blogger.com

Panduan Cara Membuat Postingan di Blogger.com untuk pemula setelah membuat Blog gratis di CMS tersebut.

Harus diketahui bahwa Pintar menulis saja tidak cukup jika kamu ingin menghasilkan dari Platform ini.

Banyak yang harus diperhatikan dan dipelajari dalam mengelola blog mulai dari Nol sampai menghasilkan.

Dimulai dari membaca beberapa sumber yang berkaitan dengan Blogger dan Bagaimana Google membuat peringkat berdasarkan Artikel yang diterbitkan.

Selanjutnya dibawah ini adalah panduan lengkap cara membuat Postingan Pertama anda di Blogger.

1. Buka Blogger.com

Kunjungi link berikut ini https://www.blogger.com/

Lalu login dengan Akun anda sebelumnya yang sudah terdaftar.

Klik Tombol (+) untuk membuat Postingan Terbaru.

2. Mulai Membuat Postingan Baru

Untuk membuat postingan pertama anda di Blogger,

Sebaiknya dimulai dengan menentukan Bagian Judul (Title).

Judul sebaiknya mengandung Target Kata Kunci yang diinginkan Misalnya Disini anda ingin membuat Artikel informasi tentang "Cara Membuat Postingan di Blogger".

Maka sebaiknya judul mengandung 4 target Kata Kunci diatas diawali dengan Kata yang sama untuk meningkatkan Relevansi di Mesin Pencarian.

Biasanya untuk menarik Click, Judul postingan sedikit dimodifikasi dengan menambah beberapa Imbuhan Kata yang menarik.

Dalam hal ini biasa kita sebut sebagai "Click Bait" agar menambah kesan dan minat pembaca anda di Mesin penelusuran.

3. Paragraf Pembuka

Seperti menulis Karya Ilmiah sebaiknya artikel mengandung unsur - unsur yang lengkap dan menjawab Serangkaian informasi 5W+1H  itupun selama ada bahan yang cukup dan tidak melebihkan-lebihkan.

Biasanya seseorang akan mulai menulis dari Sapaan atau menjelaskan bagian pembuka dari Inti masalah yang sedang dibahas.

Penggunaan Gaya Bahasa juga harus diperhatikan, Seseorang bisa menggunakan Gaya bahasa santai atau non formal saat menuliskan artikel informasi seperti Tutorial Teknologi, Games DLL itu juga sebagai tips untuk mendekatkan diri anda dengan pembaca.

4. Body

Pada bagian ini penulis menuliskan inti dari apa yang sedang dibahas.

Sebaiknya Paragraf yang membahas Pembuka juga tidak terlalu panjang karena akan berdampak negatif ke Pembaca saat menemukan fakta bahwa Isi Artikel yang dibuka lebih banyak pembuka katanya dari pada intinya.

5. Penutup

Setelah bagian Body artikel penutup juga tidak boleh diabaikan, untuk menandai akhir dari artikel yang sedang dibahasnya.

Menambahkan beberapa Kata Kata Penutup juga bisa menjadi kesan yang baik dan wajib dicoba!

6. Mengatur Heading Isi Artikel

Heading dimulai dari <H1> Major Heading artinya Judul, Untuk Heading ini biasanya sudah tersemat di Artikel Blog jadi tidak perlu ditambahkan manual.

Anda hanya harus memastikan bahwa artikel anda memiliki Judul yang sudah diisi pada bagian atau Kolom Title Lihat gambar dibawah jika kurang jelas!

Setelah H1 Masih ada H2, H3, H4 Sampai H6.

Label H2 Berisi penjelas Topik Utama pada Sub Heading Pertama Lalu dilajutkan dengan H3, H4 Sampai H6 jika ada Sub Topik penjelas lainnya.

Di Blogger.com anda bisa menemukan Opsi untuk memberi Label pada Bagian Tool Bar di Jendela Postingan yang terbuka.

7. Gambar

Dalam satu postingan minimal ada satu Gambar yang dimasukkan, itu akan membuat Artikel lebih hidup dan disukai oleh pengunjung.

Anda bisa meletakkan gambar diatas Paragraf Utama atau tepat setelah Tag Heading yang pertama. Setelah itu jangan lupa untuk menambahkan Atribut Alt Text dan Judul Gambar agar artikel lebih mudah ditemukan di Mesin Penelusuran.

8. Post Settings

Sebelum menerbitkan Postingan pertama anda, pastikan anda sudah mengisi beberapa Post Setting disamping jendela edit post anda.

Mulai dari Label > Biasanya digunakan untuk mengelompokkan Topik artikel yang sedang dibahas Misal, Blogger, Games, Gadget, Komputer dan sebagainya.

Published On > Digunakan untuk menentukan Tanggal Postingan dibuat anda bisa mengubah tanggalnya manual jika anda telah memodifikasi artikel dan ingin memberitahunya pada pembaca anda.

Permalink > Mengedit tautan link artikel, Link artikel (halaman) sebaiknya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Tools ini bisa anda manfaatkan untuk memodifikasi link halaman menjadi lebih relevan dan tidak terlalu panjang, Biasanya saya menetapkan batasan 4 - 5 kata.

Location > Menentukan lokasi tepatnya artikel anda dibuat untuk audiens, untuk bagian ini tidak perlu diubah. 

Search Description > Khusus untuk bagian ini wajib diubah karena perhatian kedua pengunjung saat menemukan artikel di Mesin Pencari adalah dari Deskripsi.

Untuk itu buatlah bagian ini lebih menarik dan relevan dengan artikel yang dibuat.

Options > Artikel yang baik adalah artikel yang mendapat lebih banyak respon, jika anda berfikir bahwa artikel yang terbit terllau sensitif atau tidak mengundang diskusi maka anda bisa matikan Reader Comment pada opsi tersebut.

Custom Robot Tags > Untuk mengatur beberapa elemen yang ingin diindex Mesin Penelusuran atau diblokir.

Biarkan default jika anda tidak ingin kejadian seperti Artikel tidak diindex terjadi.

9. Preview

Sebelum artikel diterbitkan baiknya anda melihat tatanan atau struktur tulisan terlebih dahulu.

Anda pasti memiliki standart sendiri dalam menulis sebuah artikel, Sebaiknya tulisan yang diterbitkan tidak terlalu padat atau tidak terlalu menyita banyak space.

Normal saja sebagaimana anda menulis sebuah karya dibuku dan bisa dibaca banyak orang.

10. Terbitkan

Jika dirasa artikel sudah selesai anda bisa menerbitkan artikel dengan menekan Tombol Publish (Publikasi)

Akhir Kata

Tidak banyak yang bisa sampaikan saat ini mengingat ada beberapa hal yang harus anda pelajari sendiri seperti Mode HTLM dan Mode Compose.

Mode Compose adalah mode menulis biasa sedangkan untuk Mode HTML dibutuhkan keterampilan khusus untuk mengedit Tulisan melalui Kode Kode HTML Yang mungkin belum bisa dipahami sembarang orang dengan mudah.